4 Cara Mencuci Masker Kain Yang Benar

Masker menjadi salah satu atribut penting ketika beraktivitas di luar rumah sekarang ini. Dengan memakai masker diharapkan mampu melindungi dari penyebaran kuman penyakit, termasuk virus Corona. Namun, masih ada saja orang-orang yang tidak mematuhi himbauan dari pemerintah ini. Dimana orang-orang masih terbilang enggan memakai masker saat di luar rumah. Pemakaian masker sendiri pun sebenarnya bukan hanya melindungi diri dari paparan penyakit. Tetapi juga bisa membuat kita terlindungi dari paparan polusi udara yang kurang baik.

Cara Mencuci Masker Kain Yang Tepat Dan Benar

Di pasaran sendiri banyak dijual masker kain untuk dipakai masyarakat ketika melakukan berbagai aktivitas di luar rumah. Nah, karena dibuat dari bahan kain. Maka masker ini bisa dipakai berulang kali. Akan tetapi, terlebih dulu harus dicuci. Tetapi juga, beberapa orang masih asal-asalan dalam mencuci masker kain ini.

Ingin tahu cara mencuci masker yang baik seperti apa? Simak ulasannya dibawah ini.

  1. Merendam masker kain menggunakan air panas

https://www.blibli.com/jual/masker Langkah pertama, anda perlu menyiapkan wadah yang berisikan air panas dengan suhu sekitar 50 – 60˚C. Fungsi dari air panas ini adalah untuk membunuh kuman yang telah menempel pada kain masker. Kemudian anda bisa menambahkan detergen secukupnya ke dalam wadah dan rendam masker kain selama kurang lebih 5 menit. Jika sudah 5 menit, anda bisa mengucek masker kain tersebut secara perlahan-lahan sampai kotoran dan kuman menghilang. Mengapa harus mengucek masker pelan-pelan? Karena jika mengucek masker kain terlalu kuat, dikhawatirkan akan membuat kain masker tersebut rusak.

  1. Bilas masker kain menggunakan air mengalir

Apabila sudah selesai direndam dan di kucek sampai bersih. Kemudian bilas masker kain tersebut dibawah air mengalir. Pastikan dengan baik bahwa tidak ada sisa-sisa detergen atau busa yang menempel. Perlu diingat dengan baik bahwa sisa detergen yang menempel akan menyebabkan bau menyengat. Hal tersebut tentunya akan mengganggu ketika dipakai dan tidak membuat nyaman.

  1. Keringkan masker kain

Setelah masker kain bersih dari busa dan sisa detergen, waktunya untuk menjemur dibawah sinar matahari langsung sampai benar-benar kering. Sinar matahari bisa membunuh sisa mikroorganisme jahat yang bisa saja masih menempel di masker kain. Untuk mengeringkan masker kain ini pun juga bisa menggunakan mesin pengering. Ada baiknya jika menghindari menjemur masker kain di dalam ruangan. Karena bisa membuat masker kain menjadi lembap dan tempat bersarangnya bakteri.

  1. Menyetrika masker kain

Jika masker kain sudah kering, jangan langsung memakainya. Anda bisa terlebih dulu menyetrika masker kain tersebut dengan menggunakan setrika bersuhu panas. Ini dilakukan supaya tidak ada kuman, bakteri atau virus yang menempel di permukaan kain masker. Apabila sudah disetrika, baru anda bisa memakainya.

Jenis-Jenis Masker Yang Harus Diketahui

Selain masker kain, masih ada beberapa jenis masker lainnya yang cukup sering digunakan. Apa saja? Cek dibawah ini.

  1. Masker N-95

Merupakan jenis masker yang mampu menyaring partikel berbahaya untuk pemakainya. Masker N-95 ini sendiri tidak hanya mampu menghalau kotoran dan debu saja. Tetapi juga bisa untuk menahan dari gas dan uap. Kemampuan masker N-95 ini adalah melindungi pemakainya dari doroplets, yang merupakan partikel airbone dan mempunyai efektifitas 0,1 mikron 10 – 95%.

  1. Masker Bedah

Adalah masker yang bisa ditemukan di toko atau apotek. Untuk masker bedah ini umumnya memiliki warna biru atau hijau. Fungsi dari masker ini adalah untuk menjaga penggunanya dari tetesan partikel besar atau percikan air yang keluar dari mulut orang lain. Akan tetapi, masker bedah ini belum bisa melindungi dari partikel aribone. Efektifitas yang dimiliki oleh masker bedah ini antara 0,1 mikron 10 – 95%.

  1. Facepiece Respirator

Untuk jenis masker yang satu ini mampu melindungi diri dari gas serta uap berbahaya. Perlu diketahui bahwa masker ini tidak bisa menyaring partikel udara. Kecuali memang di desain mempunyai filter. Masker ini mampu menutup keseluruhan wajah. Sehingga bisa terhindar dari percikan besar atau kecil tanpa kebocoran. Efektifitasnya pun mencapai 99%. Jenis masker Facepiece Respirator ini pun jarang ditemui dalam keseharian. Karena hanya digunakan oleh para pekerja di bidang gas atau pekerjaan lain yang memiliki tingkat kontaminasi tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *